Mengkonversi Sistem File ke NTFS dengan bantuan Command Prompt

Pada Ms Windows mengenal berbagai macam sistem file pada hard disk ataupun flashdisk. Sistem file tersebut adalah FAT (File Allocation Table), FAT16, FAT32, dan NTFSNTFS sendiri adalah kepanjangan dari New Technology File System merupakan pengembangan dari FAT32, dan pertama kali dikenal pada Windows NT. NTFS memiliki beberapa keunggulan daripada FAT32, terutama pada segi sekuritas, kompresi, dan daya tampung.


Disini kita akan membahas bagaimana mengkonversi sistem file FAT menjadi NTFS pada harddisk maupun flashdisk tanpa mem-format ulang drive.

1. Pilih menu start - run.








2. Pada kotak Run ketik "cmd" dan klik OK untuk melanjutkan.





3. Setelah tampil jendela Command Prompt, ketikkan perintah untuk mengkonversi:

convert [drive]: /fs:ntfs


Sebagai contoh, saya akan mengkonversi flashdisk pada partisi drive D, maka ketikkan perintah

convert d: /fs:ntfs

lalu tekan enter



4. Akan muncul konfirmasi bahwa anda akan melakukan konversi. ketik y lalu tekan enter

5. Windows akan melakukan konversi terhadap partisi drive tersebut menjadi NTFS.



Walaupun resiko kerusakan atau kehilangan data selama proses konversi telah diminimalisir olah Windows XP, tetapi sangat disarankan untuk mem-backup data pada hard disk atau flash disk yang akan dikonversi.

Kesalahan hardware, konflik program yang menyebabkan hang, ataupun putusnya aliran listrik pada saat proses konversi dapat menyebabkan kegagalan yang berakibat kehilangan data.

Apabila anda mengkonversi drive system windows ataupun ada program yang berlangsung di atas drive tersebut, windows akan menghentkan proses konversi dan meminta untuk merestart komputer. windows akan melanjutkan proses konversi pada boot selanjutnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Download Game / Kode Cheat / Programing And Editing / Save Game Offline dengan judul Mengkonversi Sistem File ke NTFS dengan bantuan Command Prompt. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://smg-blackhat.blogspot.com/2012/04/mengkonversi-sistem-file-ke-ntfs-dengan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Niki Putu Prantiyo - Monday 23 April 2012

Belum ada komentar untuk "Mengkonversi Sistem File ke NTFS dengan bantuan Command Prompt"

Post a Comment